Quick! These Apps Need to be Uninstalled

Halo minasan~ hari ini gw mempublikasi 2 post 😀 Soalnya, barusan gw baca-baca beberapa artikel, dan ada salah satu yang bikin gw tertarik untuk nge-share artikel itu. Nah gw akan membahas sebuah artikel dari Liputan6.com, mengenai aplikasi apa saja yang perlu di-uninstall dari android. Berikut kutipannya!

Liputan6.com, Jakarta – Kehadiran aplikasi smartphone tentu saja bisa membantu penggunanya dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun tak bisa dimungkiri bahwa makin banyak aplikasi di ponsel, makin cepat juga baterai terkuras.

Oleh karena itu, ada sejumlah aplikasi yang tampaknya perlu dihapus oleh pengguna smartphone Android, apa saja? Berikut adalah 5 aplikasi yang patut di-uninstall dari Android sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Android Pit, Minggu (23/4/2017).

1. Aplikasi yang Diklaim Mampu Menghemat RAM

Perlu kamu ketahui, aplikasi yang berjalan di background smartphone pastinya memakan kapasitas RAM dan baterai smartphone. Banyak yang menyarankan untuk menghemat kapasitas RAM, pengguna perlu memasang aplikasi yang bisa menghemat RAM.

Namun pada prinsipnya, aplikasi yang menghemat RAM ini justru menutup proses kerja aplikasi-aplikasi lain. Hal ini dianggap bisa memperparah masalah, sebab dengan proses penutupan secara paksa, berbagai aplikasi yang berjalan di background justru harus memulai kembali prosesnya.

Ilustrasi aplikasi untuk membersihkan RAM (Sumber:Pricebook.co.id)

Padahal, untuk membuka kembali aplikasi, dibutuhkan ruang di RAM dan juga baterai. Maka dari itu, aplikasi pihak ketiga yang mengklaim dirinya sebagai penghemat RAM sesungguhnya tidak diperlukan dan lebih baik dihapus dari Android.

2. Aplikasi Pembersih Smartphone

Aplikasi pembersih smartphone seperti Clean Master dan lainnya banyak dipakai pengguna untuk meningkatkan kinerja Android mereka. Memang benar, setelah kamu menghapus sebuah aplikasi, kadang masih menyisahkan data dalam cache. Namun kamu tak perlu mengunduh aplikasi pembersih smartphone.

Membersihkan smartphone (Sumber: Android Pit)

Cara membereskan data yang tertinggal itu cukup mudah, kamu hanya perlu membuka menu “Setting” kemudian pilih menu “Storage” dan pilih “Clear cache” dan OK untuk membersihkan data yang tak penting.

Selain itu, kamu juga bisa menghapus cache masing-masing aplikasi dengan cara masuk ke “Setting”, lalu “Apps” dan kemudian “Downloaded” dan tap salah satu aplikasi, kemudian di halaman selanjutnya, kamu tinggal memilih “Clear Cache”.

 

3. Aplikasi Antivirus

Sebenarnya, smartphone Android dan Play Store di dalamnya bisa melakukan tugas-tugas aplikasi antivirus. Misalnya untuk perlindungan dari kehilangan, kamu tinggal menggunakan Android Device Manager tanpa perlu aplikasi tambahan.

Sementara, kalau aplikasi mengandung malware, Google akan mengeceknya secara otomatis di Play Store. Oleh karena itu, aplikasi antivirus sebenarnya hanya berguna jika kamu sering mengunduh aplikasi yang sumbernya bukan dari Play Store (berbentuk file APK).

Nah, saat itulah aplikasi antivirus memeriksa aplikasi non-Play Store selama proses instalasi. Antivirus juga memberikan peringatan jika aplikasi yang dipasang berbahaya.

4. Aplikasi Penghemat Baterai

Sama halnya dengan penghemat RAM, aplikasi penghemat baterai justru malah jadi beban untuk Android. Aplikasi penghemat baterai diklaim jadi solusi masalah yang dihadapi pengguna ponsel pintar, yakni daya yang cepat habis.

Nah, dengan memasang aplikasi ini, sesungguhnya kamu malah membuat baterai cepat habis karena prosesnya. Agar pemakaian baterai lebih hemat, kamu hanya perlu uninstal aplikasi tersebut.

 5. Aplikasi Bawaan

Banyak merk smartphone yang memasang berbagai aplikasi pada perangkatnya, sebut saja aplikasi pemesanan hotel, gim, atau aplikasi Office. Padahal jika disadari, banyak aplikasi bawaan sebenarnya tidak dipakai dan justru menambah beban ponsel bahkan sulit untuk di-uninstall.

Kalau tidak bisa dihapus, kamu hanya tinggal membuka ikon info aplikasi (app drawer) yang dimaksud, lalu kamu bisa memilih untuk menghapus atau mendeaktivasi.

5 Aplikasi Terbaik yang Jarang Dipakai oleh Pengguna Android (PCMag)

Sekadar informasi, beberapa vendor smartphone tak mengizinkan penggunanya uninstal Facebook, Twitter dan media sosial lainnya. Tentu ini hal ini menjengkelkan bagi mereka yang tidak menggunakannya.

(Tin/Ysl)

Sumber: http://m.liputan6.com/tekno/read/2928907/5-aplikasi-ini-perlu-dihapus-dari-android-kamu

Tanggapan:

Wuaaah~ padahal Clean Master itu sering gw gunakan lho (maksudnya setiap ada hape gw pasangin app itu). Nggak cuma gw, mungkin semua orang, ne~? Selain penghemat RAM dan app pembersih, gw nggak pernah pakai. Aplikasi bawaan? Contohnya kayak apa ya? Btw gw pakai Advan, mungkin app bawaan kayak Advan Store itu perlu dihapus kali ya? Ada Beauty Cam-nya juga, mungkin perlu dihapus (nah lho temen-temen gw yang suka selfie pake hape gw -.- rasain tuh gw uninstall sekalian wuahaha).

Gimana menurut minasan? Apakah gw perlu memposting konten seperti ini lagi di masa depan? Maksudnya artikel menarik yang gw temukan gitu, jadinya asik kan :3

Sekian info yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat bagi minasan! 🙂

Ada yang udah pernah baca? :v

Advertisements

9 thoughts on “Quick! These Apps Need to be Uninstalled

  1. Saya sih nggak begitu aktif download aplikasi. Pling yg sering dibuka ya facebook sama opera mini doang. Sedangkan yg lainnya main di komputer saja. Jadi hp saya termasuk miskin apps tapi itu yg membuatnya punya baterai yang lebih lama dan gak lelet.

    Liked by 1 person

  2. Setuju….semua aplikasi yg begituan ku uninstall semua.. ga guna ternyata…. kalau aplikasi bawaan ya kan biasanya update otomatis… itu taksetting ke pengaturan awal lagi… downgrade yg g penting penting

    Liked by 1 person

  3. Salam kenal, paling sering saya gunakan aplikasi opera mini, tapi clean master juga menurut saya perlu karna hanya untuk menghapus beberapa cache sampah atau biasanya 360 security lite udah dipake yaa uninstal jadi dipake nya seperlunya hhe

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s